Manfaat Probiotik seperti Yogurt Untuk Gastritis

Gastritis adalah peradangan selaput lambung dan bisa akut atau kronis. Gastritis terutama disebabkan oleh bakteri yang dikenal sebagai helicobacter pylori. Faktor-faktor lain dapat menyebabkan gastritis seperti minum zat korosif, penyalahgunaan alkohol, penggunaan jangka panjang obat-obatan non-inflamasi non-steroid dan penyakit autoimun. Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang mirip dengan mikro organisme yang ditemukan dalam usus manusia yang mungkin bermanfaat dalam menekan pertumbuhan helicobacter pylori, karenanya mencegah gastritis, menurut MedlinePlus.

Probiotik dan Gastritis
Dinding perut memiliki penghalang seperti lendir yang melindunginya dari asam yang mencerna makanan. Gastritis biasanya berkembang ketika lapisan pelindung seperti lendir menjadi lemah dan rusak. Helicobacter pylori memecah lapisan pelindung lendir karena itu mengekspos lapisan lambung pada cairan pencernaan asam. Probiotik diperlukan karena mereka menekan pertumbuhan dan aktivitas bakteri helicobacter pylori, menurut universitas Maryland Medical Center.

Sumber Probiotik
Probiotik tersedia dalam makanan dan suplemen makanan, menurut Pusat Nasional Pengobatan Pelengkap dan Alternatif. Kapsul, tablet, dan bubuk probiotik dapat dibeli dari apotek. University of Maryland Medical Center merekomendasikan pasien mengambil suplemen probiotik yang mengandung 5 hingga 10 miliar unit pembentuk usus besar sehari. Probiotik juga dapat tersedia dalam produk susu yang mengandung kultur bakteri hidup. Contoh-contoh sumber makanan termasuk yogurt, buttermilk yang dibudidayakan, susu acidophilus, miso, tempe dan minuman kedelai. Makan makanan ini menjajah perut dengan kultur bakteri hidup yang mungkin berguna dalam menekan helicobacter pylori.

Efek Samping Probiotik
Kebanyakan probiotik telah digunakan untuk waktu yang lama tanpa menyebabkan penyakit pada manusia, menurut Pusat Nasional Pengobatan Pelengkap dan Alternatif. Beberapa probiotik dapat menyebabkan gejala pencernaan ringan, seperti gas dan kembung. Keamanan probiotik belum diteliti secara menyeluruh, dan oleh karena itu suplemen harus digunakan dengan hati-hati pada anak-anak, pasien lanjut usia, dan pasien immunocompromised. Probiotik dapat menyebabkan infeksi pada pasien dengan sistem kekebalan tubuh yang rusak.

Peringatan
Probiotik tidak boleh menggantikan obat konveksi dalam pengobatan gastritis, menurut Pusat Nasional untuk Pengobatan Pelengkap dan Alternatif. Pasien yang menderita gastritis harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan penyedia layanan kesehatan sebelum meminum probiotik. Gastritis diobati dengan antasida, antibiotik, dan modifikasi diet.

Komplikasi Gastritis
Gastritis yang tidak diobati dapat menyebabkan tukak lambung dan perdarahan lambung. Gastritis kronis yang tidak diobati dapat meningkatkan risiko kanker lambung. Penting bagi pasien dengan gastritis untuk mencari perawatan medis segera untuk menghindari komplikasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *